Tips Merawat Motherboard

Posted by BlackList Corporate

Bagi sobat yang kurang perhatian sama motherboard komputernya, ane punya tips. Mungkin tips merawat motherboard ini sedikit bermanfaat karena cara ini juga yang masih saya lakukan untuk komputer saya. Berikut tips merawat motherboard yang biasanya ane lakukin ini mudah-mudahan bisa berguna untuk sobat.  

Fungsi Motherboard1. Sering hidupkan komputer
Jangan biarkan komputer tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama paling tidak seminggu 2 atau 3 kali digunakan.Karena ane pengalaman sob, pengaruhnya entah kenapa jadi melambat.

2. Jaga kebersihan motherboard dan slot-slotnya
Perhatikan kebersihan motherboard sobat, walaupun diletakan ditempat yang jauh dari debu tapi tetap cek kebersihan motherboard apabila kotor maka bersihkan dengan menggunakan kuas. Kotoran pada motherboard bisa juga menyebabkan korslet jadi bersihkan juga slot-slotnya karena bukan tidak mungkin slotnya terhindar dari kotor.

3. Gunakan stabilizer dan UPS (Uninterruptible Power Supply)
Arus tegangan listrik sering tidak stabil dan berubah-ubah bisa menyebabkan kerusakan pada komponen motherboard, maka diperlukan stabilizer untuk membuat arus tegangan stabil. Dan UPS beguna apabila terjadi mati mendadak pada arus listrik maka CPU tidak langsung mati karena masih menyimpan arus listrik yang dapat bertahan beberapa menit sehingga motherboard lebih awet.

4. Perhatikan pemasangan komponen
Komputer rusak bisa terjadi karena kesalahan dalam pemasangan komponen atau bisa jadi karena pemasangan yang kurang baik jadi periksalah setiap komponen yang terpasang apakah sudah benar atau belum.

Semoga bisa bermanfaat, salam blogger.

Related Post



Post a Comment

Bagaimana tanggapan tentang artikel ini? silahkan berkomentar dengan baik, komentar yang tidak sopan atau spam akan di hapus dari blog ini. Salam Blogger.